Informasi Filter Udara (Industri)

Tanggal :08/01/2021 14.32.00 Penulis : Uchy

Informasi Filter Udara (Industri)

Filter udara industri adalah perangkat yang dirancang untuk menghilangkan partikulat padat dan kontaminan molekuler untuk tujuan meningkatkan kualitas udara dalam sistem atau lingkungan. Filter udara biasanya terdiri dari rangka kokoh, diisi dengan beberapa jenis media filter, yang disegel untuk mencegah kebocoran antara rangka dan media. Beberapa filter mungkin juga memiliki pelindung wajah - layar yang dipasang ke filter untuk melindungi media selama penanganan - dan / atau paking untuk mencegah kebocoran antara bingkai filter dan rumahannya.

Gambar di bawah mengilustrasikan komponen ini pada filter udara biasa.


Gambar ini juga mengilustrasikan pengoperasian filter udara yang umum: udara mengalir ke sisi hulu, kontaminan dibuang, dan udara bersih keluar melalui sisi hilir.

Sementara sebagian besar filter udara berbagi komponen umum yang ditunjukkan pada filter persegi di atas, filter itu sendiri dapat diproduksi dalam berbagai bentuk untuk menyesuaikan kualitas unik dari sistem filtrasi aplikasi. Faktor bentuk umum termasuk filter bag, filter kartrid, dan alas filter.

Metode Filtrasi

Filter udara dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok berdasarkan metode filtrasinya: mekanis, elektrostatis, dan elektronik.

Filtrasi Mekanis

Filter mekanis hanya menangkap kontaminan pada media filter dan dapat bekerja dengan tiga cara berbeda, bergantung pada ukuran partikel yang disaring.

Filtrasi Elektrostatis

Filter elektrostatis menggunakan serat media bermuatan elektrostatis yang menarik dan menjebak partikel di udara. Filter ini biasanya menggunakan media filter polypropylene atau polyurethane. Filter elektrostatis mampu menghasilkan efisiensi 94-96% dalam menghilangkan kontaminan dalam kondisi pengoperasian yang benar.

Filtrasi Elektronik

Filter elektronik terdiri dari serangkaian elektroda di dalam kisi filter. Ketika arus dialirkan ke elektroda, partikel yang ditarik ke dalam filter akan menyebabkan busur volta dan bermuatan positif. Partikel-partikel tersebut kemudian ditarik dan terperangkap di dalam kelompok elektroda bermuatan negatif atau bantalan pengumpul sekali pakai / bersih. Filter elektronik sangat efektif dalam menyaring partikel kecil tetapi juga berisik, relatif mahal, dan sulit untuk diservis dibandingkan dengan jenis mekanis atau elektrostatis.

Ukuran Partikel

Seperti yang ditunjukkan di atas, ukuran kontaminan yang akan disaring memiliki pengaruh yang besar pada pilihan filter dan jenis media, terutama saat menangani filter mekanis. Bagan di bawah ini menunjukkan kisaran ukuran untuk kontaminan umum di udara.


Spesifikasi

Tipe media

Filter udara dapat menampilkan salah satu dari beberapa jenis media filtrasi, tergantung pada aplikasi yang dimaksudkan dan jenis serta ukuran partikel yang akan disaring. Jenis media umum dijelaskan di bawah ini.
- Media akrilik terbuat dari polimer sintetik yang mengandung setidaknya 85% bahan akrilonitril.
- Filter karbon aktif / arang terkadang disebut sebagai filter kimiawi. Karbon aktif adalah bentuk karbon granular penyerap tinggi yang digunakan untuk menyaring partikel kecil, bau, dan kontaminan lainnya.
- Media layar aluminium digunakan untuk menyaring partikel besar yang terlihat. Filter ini sering digunakan bersama kipas yang memerlukan aliran udara maksimum.
- Media fiberglass memanfaatkan kerapatan gradien dari fiberglass untuk menjebak partikel yang semakin kecil.
- Media kertas terdiri dari serat yang dikompresi dan mampu menyaring partikel kecil.
- Busa poliuretan sangat ideal untuk banyak aplikasi filtrasi. Filter ini aman untuk penanganan umum, tidak alergi dan tidak beracun, dan sering digunakan sebagai filter kipas.
- Media poli / kapas umum digunakan dalam banyak penggunaan filtrasi dan terdiri dari serat poliester dan kapas yang diikat dengan etilen vinil klorida atau poli vinil asetat.

Media filter juga dapat ditentukan berdasarkan jumlah lapisan material yang dikandungnya. Misalnya, filter 1 lapis berisi satu lapisan media filter, sedangkan filter 5 lapis berisi lima lapisan.

MERV

Beberapa filter mungkin dilengkapi dengan nilai pelaporan efisiensi maksimum (MERV), yang menilai kinerja pemurni udara dan filter. Peringkat MERV paling sering diberikan pada sistem pemurnian udara besar yang dirancang untuk menyediakan filtrasi seluruh rumah atau bangunan, sedangkan filter yang lebih kecil biasanya dilengkapi dengan peringkat pengiriman udara bersih (CADR). Peringkat MERV yang lebih besar diberikan ke filter yang dapat menyaring kontaminan yang lebih kecil dengan efisiensi yang lebih tinggi. Misalnya, filter MERV 20 (peringkat terbaik) mampu menghilangkan setidaknya 99,999% partikel yang lebih kecil dari 0,3 µm; sebagai referensi, ini akan mencakup semua partikel asap, debu karbon, garam laut, dan virus yang tidak terikat. Filter MERV 20 akan sesuai untuk penggunaan kritis seperti pabrik farmasi, ruang bersih, dan manufaktur elektronik. Sebaliknya, filter MERV 4 (peringkat serendah mungkin) hanya dinilai untuk menghilangkan beberapa partikel yang lebih besar dari 10 µm; sebagai referensi, partikel-partikel ini termasuk lumut, serbuk sari, tungau, partikel debu besar, dan serat karpet. Filter MERV 4 cocok untuk penggunaan dasar di rumah seperti penyaringan AC.

Filter HEPA

Filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA) adalah filter khusus yang sesuai dengan standar Departemen Energi AS (DOE). Secara umum, filter HEPA harus mampu menghilangkan 99,97% partikel yang berukuran lebih besar dari 0,3 µm. Filter ini terkait erat dengan filter ultra-low particulate air (ULPA).

Semua filter HEPA adalah filter bingkai kaku sekali pakai yang biasanya menonjolkan media yang terdiri dari serat fiberglass terjalin. Karena fungsi media sebagai filter kedalaman (serat disusun secara acak), partikel dipertahankan di seluruh media filter bukan hanya di permukaan.

Aplikasi

Filter udara dapat digunakan dalam aplikasi apa pun yang membutuhkan penggunaan udara bersih. Perangkat dan lokasi yang menggunakan filter udara antara lain mobil, turbin gas, AC, bangunan industri dan komersial, rumah sakit, penyedot debu, dan peralatan pengolah makanan.

Tabel di bawah mencantumkan beberapa aplikasi umum dan perkiraan persyaratan filter.


Standar

Filter udara dapat diproduksi dan diuji menggunakan berbagai standar, termasuk:
- BS EN 1822 - Standar Eropa untuk filter HEPA / ULPA
- BS EN ISO 16890-1 - Filter udara untuk ventilasi umum Bagian 1: Spesifikasi teknis, persyaratan, dan sistem klasifikasi berdasarkan efisiensi bahan partikulat (ePM)
- ISO 14644 - Ruang bersih dan lingkungan terkait

Hubungi kami untuk detail informasi seputar produk filter udara dan penawaran terbaik dari kami.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

For more information please send me a message or contact us!

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English